Kamis, 10 Agustus 2017

Uang Adalah Rasa Hormat

Transfer seorang Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan menuju Paris Saint Germain tersebut kala itu menjadikan dirinya sebagai pemain sepakbola dengan jumlah biaya transfer tertinggi di dunia apabila digabungkan seluruh total pembeliannya dari satu klub dari klub berita bola lainnya, mulai dari di Malmo FF kemudian dibeli oleh Ajax Amsterdam, lalu didatangkan ke Juventus, selanjutnya ia pindah ke Inter Milan, diboyong oleh raksasa Spanyol Barcelona, dipinjamkan dan dibeli oleh AC Milan, dan terakhir ia berlabuh di Paris Saint Germain bersama klub kaya raya Perancis tersebut yang sedang memuncaki klasemen sementara.

Total angka transfer seorang Zlatan Ibrahimovic secara total dari seluruh klubnya saat itu mencapai angka seratus delapan puluh juta Euro atau sekitar dua triliun tujuh ratus milyar setelah diubah ke dalam nominal Rupiah Indonesia. Angka besar ini juga sekaligus mengalahkan rekor total transfer yang saat itu masih dipegang oleh penyerang asal Perancis yang berkulit hitam dan pernah menjadi ujung tombak andalah Chelsea, Nicolas Anelka. Ada pepatah yang mengatakan, uang adalah rasa hormat dan bandrol Zlatan Ibrahimovic ini menandakan bahwa dirinya sangat dihormati di berita bola dunia.


Kemudian disamping itu juga, kontrak pemain sepakbola yang memiliki darah Bosnia dan Kroasia ini berdurasi selama tiga tahun lamanya dan Zlatan Ibrahimovic akan mendapatkan gaji sebesar empat belas juta Euro per tahunnya termasuk bonus, dan berarti ini sebesar dua ratus sepuluh milyar didalam nilai Rupiah. Pemain sepakbola memang terkenal mendapat gaji yang amat besar apabila dibandingkan dengan pekerjaan normal pada umumnya dan tidak bisa dibayangkan berapa keuntungan klub berita bola indonesia jika mereka mampu membayarkan gaji pegawainya sebesar itu dan cedera punggung gelandang eintracht frankfurt harus menepi selama 2 bulan.

Namun satu hal yang perlu diketahui disini adalah jika bonusnya dimasukkan ke dalam penghitungan, maka Zlatan Ibrahimovic akan menerima gaji dua juta Euro lebih banyak daripada yang diterimanya di AC Milan pertahun, atau sekitar tiga puluh milyar Rupiah lebih banyak. Memang uang menjadi salah satu motif seorang pemain sepakbola berpindah - pindah dari satu klub ke klub lainnya. Tengok saja para pesepakbola yang sudah gaek dan lanjut usia lebih memilih bergabung dengan tim dari daratan Cina, Arab, atau Amerika Serikat karena mereka mendapatkan gaji yang tidak kalah tinggi namun tidak ketat kompetisinya.

Angka fantastis yang diterima oleh pemain sepakbola bertinggi badan seratus sembilan puluh lima sentimeter ini membuat dirinya menjadi seorang pemain sepakbola dengan gaji terbesar peringkat kedua didunia, dibelakang seorang Samuel Eto'o yang dibeli oleh klub Rusia, Anzhi Machkakala dari Inter Milan selepas ia dijadikan bahan tukar tambah oleh Barcelona untuk Zlatan Ibrahimovic. Namun kini pemain sepakbola dengan gaji terbesar agaknya dipegang oleh seorang Cristiano Ronaldo dan disusul oleh Lionel Messi ditempat kedua karena memang performa mereka sebanding dengan pengeluaran klub.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar