Senin, 01 Januari 2018

Levelnya Jauh Lebih Tinggi

Para kritikus serta pengamat sepakbola sendiri telah memberikan apresiasi kepada sosok seorang arsene wenger lantaran berbagai macam kontribusinya yang sempat melakukan revolusi besar - besaran pada dunia pesepakbolaan ditanah ratu elizabeth tersebut disekitar akhir tahun seribu sembilan ratus sembilan puluhan (1990an) yang lalu. Ketika itu, arsene wenger memperkenalkan banyaknya perubahan pada pola latihan serta pola makan dan kegiatan yang dijalani oleh para pemain asuhnya di arsenal dan inilah sebab mengapa arsenal sempat mendominasi dunia pesepakbolaan berita bola domestik di inggris pada awal tahun dua ribu (2000) yang mana waktu itu pemain legendaris mereka, thierry henry serta frederick ljungberg dan tidak ketinggalan robert pires ditambah dennis bergkamp sanggup mencatatkan sejarah kemenangan beruntun diliga lokal sebelum akhirnya dipecahkan oleh manchester city dibawah bimbingan josep pep guardiola belakangan ini guardiola belum bisa memastikan kapan david silva bakal comeback.



Seorang arsene wenger sendiri lahir dikota strasbourg dan dibesarkan di duttlenheim. Saat itu, ia mengenal olahraga mengolah si kulit bundar diatas lapangan hijau ini oleh ayahnya yang juga merupakan seorang pelatih tim lokal berita bola dunia didesa mereka. Silsilah semacam ini juga kerap ditemukan tidak hanya pada pemain sepakbola saja namun juga hingga kepelatih, seperti contohnya anak dari sir alex ferguson yang juga berkecimpung didunia meramu taktik namun karirnya tentu saja tidak (atau lebih tepatnya belum) secemerlang sang ayah. Walaupun begitu, arsene wenger juga tidak langsung mengawali kiprahnya didunia pesepakbolaan sebagai seorang pelatih melainkan mulai dari seorang pemain dulu yang lebih sering berlaga diliga lokal perancis sana dan bukan didivisi tinggi seperti layaknya paris saint germain atau as monaco sekarang diligue 1 yang cenderung dikuasai oleh dua (2) klub saja dinilai dari satu laga.



Setelah selesai menjalani karirnya sebagai seorang pesepakbola yang mengolah si kulit bundar untuk beberapa klub berita bola indonesia amatir dan kurang terkenal, arsene wenger berhasil mendapatkan lisensi untuk melatih sebuah klub sepakbola ditahun seribu sembilan ratus delapan puluh satu (1981). Untuk menjadi seorang pelatih sendiri juga dibutuhkan berbagai persyaratan khusus yang dapat menunjang kualitas seorang juru taktik dan tidak bisa asal tarik sembarang orang saja dari pangkalan ojek, apalagi kita berbicara mengenai eropa dimana levelnya jauh lebih tinggi dibandingkan benua lain, disusul oleh amerika latin ditempat kedua. Indonesia sendiri dikabarkan akan mengirimkan seorang indra sjafri ke spanyol untuk menjalani pelatihan seperti ini guna mendapatkan lisensi yang membuktikan bahwa dirinya memang pantas untuk melatih garuda indonesia dan tidak hanya berdasarkan gembar gembor sosial media saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar